Recent Posts

Feb 21, 2012

1 comments

Mengenal Fase-Fase Bulan



Coba lihat ke langit malam ini, cari dimanakah sang bulan berada. Sudah ketemu? Bagus, kalau di tempat saya sih, bulannya hanya terlihat sedikit yang bercahaya, cahayanya ada di sebelah kanan bulan. Kalau kata orang-orang, posisi bulan seperti itu biasa disebut bulan sabit, baik bagian sebelah kiri maupun kanan uang bercahaya, tetap disebut bulan sabit.
Tapi, tahukah kamu? Ternyata posisi tersebut sebenarnya disebut "Waxing Crescent". Seperti apa sih penamaan bulan? Yuk kita cari tahu.
New Moon
Eits.. Tunggu dulu, ini bukan judul nivel tentang vampire modern yang berwajah tampan ya!
New Moon atau biasa disebut Bulan Baru, adalah fase di mana bulan benar-benar gelap. Kita tidak akan bisa melihat bulan saat fase ini, karena sisi bulan yang menghadap bumi sama sekali membelakangi cahaya matahari, dan tentu saat mala hari langit akan lebih gelap dari biasanya. Sesuai namanya, fase ini biasanya terjadi sekitar awal bulan, di bulan ini fase New Moon terjadi pada tanggal 5 kemarin.
Waxing Crescent
Saya pribadi tidak tahu padanan kata apa yang sesuai untuk menterjemahkan istilah ini, namun kita sebut saja Bulan Sabit Awal atau BSAw (karena terjadi pada setengah awal bulan).
BSAw adalah fase selanjutnya setelah New Moon. Dalam fase ini, sisi sebelah kanan bulan secara perlahan nampak bercahaya, fase ini merupakan salah satu fase terlama dari bulan. BSAw biasa terjadi selama seminggu setelah New Moon, di bulan ini fase BSAw terjadi dari tanggal 6 sampai 12.
First Quarter
Fiuh.. Capek juga ternyata menulis (mengetik) artikel dari ponsel, tapi tidak masalah, kita lanjut yuk!
First quarter, atau kita sebut saja Bulan Setengah Awal atau BStAw merupakan fase lanjutan dari Waxing Crescent. Mungkin pembaca bertanya-tanya, kenapa namanya "seperempat"? Padahal kan bulan pada fase ini terlihat setengah, bulan seperempat? Ok, nanti saya jelaskan, sekarang simpan dulu pertanyaannya ya! Sebelum kita lanjutkan, pada bulan ini, fase BStAw terjadi pada tanggal 13.
Waxing Gibbous
Fase ini merupakan lanjutan First Quarter, pada fase ini, bulan terlihat hampir penuh (masih ada sedikit gelap berbentuk sabit), istilahnya, sebut saja Bulan Sebelum Purnama atau BSbP. Dalam fase yang pada bulan ini terjadi dari tanggal 14 sampai 19 ini, bulan yang sebelumnya hanya bercahaya setengah, sedikit demi sedikit akan semakin tampak "gendut" dan pada akhirnya bulan akan memasuki fase selanjutnya, yaitu Purnama.
Full Moon
Horee.. Akhirnya fase bulan memasuki setengahnya!
Full Moon, atau yang biasa disebut Purnama adalah fase di mana bulan bercahaya sepenuhnya. Pada fase ini, langit akan lebih terang dari biasanya dan bulan pun akan tampak sedikit berubah warnanya, entah menjadi lebih merah, oranye, ataupun putih. Oh iya! Di bulan ini Bulan Purnama akan terjadi pada tanggal 20. Sedikit informasi, dalam legenda masyarakat, pada saat Bulan Purnama konon seorang manusia serigala akan berubah menjadi serigala jika melihatnya (dalam film kartun Dragon Ball, Son Goku dan bangsa Saiya lainnya yang memiliki ekor akan berubah menjadi Monyet Raksasa jika melihat bulan purnama). Dalam masyarakat suku sunda, konon kita bisa melihat sosok seorang nenek di atas kursi goyang yang sedang menenun sambil ditemani kucing peliharaannya yang bernama Cendramawat, nenek itu biasa disebut "Nini Anteh".
Waning Gibbous
Sesudah Full Moon, cahaya bulan yang tadinya penuh, sedikit demi sedikit akan berkurang sisi bercahayanya dan sebagai gantinya, akan tampak sisi gelap dari sebelah kanan. Inilah yang disebut fase Waning Gibous, yang kita sebut saja dengan istilah Bulan Sesudah Purnama atau BSsP.
Fase BSsP pada bulan ini akan terjadi dari tanggal 21 sampai 25. Seiring berlangsungnya fase ini, bulan pun tak terasa akan berganti (dari Maret ke April).
Last Quarter
Masih ingat fase First Quater? Ya, fase ini merupakan kebalikannya. Jika dalam fase First quarter sisi bulan yang gelap ada di sebelah kiri, maka dalam fase yang akan kita sebut Bulan Setengah Akhir atau BStAk ini sis gelap alan berada di sebelah kanan. Pada bulan ini, fase BStAk akan terjadi pada tanggal 26.
Waning Crescent
Fase ini merupalan fase akhir. Jika pada fase sebelumnya sisi gelap bulan hanya terlihat setengah, maka dalam fase ini sisi gelap tersebut akan semakin mendominasi sehingga bulan akan terlihat seperti sabit namun pada arah yang berlainan pada saat Waxing Crescent. Pada bulan ini, fase yang kita sebut saja Bulan Sabit Awal atau BSAw ini akan terjadi dari tanggal 27 hingga tanggal 2 April.
Akhirnya selesai juga! Hore!
Eh? Tapi belum selesai, sesuai janji, saya akan menjelaskan mengapa keadaan bulan setengah disebut "quarter". Sebenarnya saya tidak tahu apa alasan sebenarnya, namun menurut analisis sok tahu saya, penamaan tersebut didasarkan dari keseluruhan fase bulan.
Fase bulan tak berbeda dengan jam yang berputar, hal tersebut merupakan siklus, jadi bisa diasumsikan bahwa siklus fase bulan secara keseluruhan bisa diilustrasikan secara sederhana seperti berikut:
New Moon - Waxing Crescent - First Quarter - Waxing Gibbous - Full Moon - Full Moon - Waning Gibbous - Last Quarter - Waning Crescent - New Moon
atau
1-2-3-4-5-5-4-3-2-1
Ada 10 fase total yang diawali dan diakhiri fase New Moon.
Sekarang kita berhitung!
10 dibagi 2 sama dengan 5
Nah, angka 5 tersebut jila dihitung dari depan maupun belakang (lihat ilustrasi) keduanya berada pada posisi Full Moon.
Sekarang jika 5 dibagi 2 berarti 2.5, atau jika pada ilustrasi berarti posisi tengah antara angka 1 sampai 5 ialah angka 3.
Kita lihat, angka 3 baik dihitung dari depan maupun belakang sama-sama berada pada posisi "quarter" (first quarter & last quarter).
Berarti jelas, kalau penamaan tersebut berasal dari "posisi seperempat" dari keseluruhan fase.
Sudah ah! Semoga penjelasan saya yang sok tahu dan tidak jelas itu bisa menjelaskan para pembaca, jika masih tidak jelas, mohon maafkan dan bisa pembaca tanyakan pada keluarga/teman/saudara/guru/ yang lebih mengerti tentang astronomi (dan geografi, karena saat saya SMP & SMA, di buku geografi ada gambar fase bulan).
Sekian, semoga menjadi tambahan ilmu.
Sampai jumpa di artikel berikutnya!
Wassalaam.

1 comments:

Unknown said...

Postingan ini adalah repost tanpa izin dari:

http://zulahadi.posterous.com/mengenal-fase-fase-bulan

Best viewed on firefox 5+

Quote

Followers

Get Traffic Like Spam

Labels

teknologi (14) London (6) fenomena (4) google (4) jaringan (4) komputer (4) Detective Conan (3) Facebook (3) download (3) games (3) lubang hitam (3) terbaru (3) Bola (2) Musik (2) Smartphone (2) UBUNTU (2) Zunkerberg (2) alam (2) bima sakti (2) detective (2) gunung (2) krakatau (2) pengetahuan (2) server (2) Adele (1) Alex Sturrock (1) Attack (1) Barack Obama (1) Budaya (1) Bug (1) Deadly Kissing (1) Diablo 3 (1) Eropa (1) GNOME (1) Gletser Es (1) HIV/AIDS (1) Hacked (1) Hole (1) Intel (1) Internet (1) J-pop (1) Jepang (1) KDE (1) Linux (1) Movie (1) O'Reilly (1) Planet (1) Shark (1) Sony (1) Strategi (1) Subtitle (1) Tips (1) Video (1) War (1) Washington (1) Wisata (1) Xolo (1) action (1) angkasa (1) berita (1) bulan (1) charger (1) dinosaurus (1) fase bulan (1) fossil (1) gokil (1) hukum (1) iPad (1) imlek (1) kocak (1) learning (1) lost saga (1) lucu (1) media (1) opening (1) purba (1) resident evil (1) sejarah (1) sherlock holmes (1) spesies (1) teka-teki (1) trailer (1)
Copyright © Design by Hafiz Pradana Gemilang